Es Bagado Khas Semarang


Es Bagado Khas Semarang




Objek wisata Semarang memang asyik untuk dijelajahi berulang kali. Begitu pula dengan kuliner khasnya yang istimewa. Selain pisang plenet yang mulai terancam punah, kamu juga wajib mencoba es-es segar paling populer di kota ini. Seperti berikut ini. Tour Murah



Es Bogado khas Semarang mirip dengan es campur yang sudah biasa Anda temui. Namun tetap ada ciri khas dari es ini yang tak sama dengan es-es lain. Es Bogado terdiri dari cincau hitam, kacang hijau, jelly, sagu mutiara, biji selasih, ditambah tape yang telah dipanggang dan dipotong kecil-kecil membuatnya tak sama dengan es-es lain. Kemudian diatas campuran bahan-bahan tersebut ditambahkan es serut dan dipadu dengan sirup dan susu. Paduan tersebut membuat Es Bogado terasa manis sekaligus gurih. Potongan tape panggang menambah cita rasa tersendiri. Nama Bogado yang berasal dari dua buah kata Boga (berarti makanan) Gado (berarti campur).


Bisa dibilang, es bogado merupakan sisa warisan penjajahan Belanda. Ini terlihat dari alat serut yang digunakan dibuat tahun 1939. Selain itu, tape yang dipakai lebih mirip dengan enting-enting. Rupanya, tape itu mengalami proses pengovenan terlebih dahulu sebelum akhirnya dicampurkan dengan bahan lain. Sirup yang dipilih sebagai pemanis pun merupakan sirup legendaris. Wahid menuturkan, bahan-bahan yang diramu dalam es itu akan menciptakan kenikmatan yang tepat diseruput saat panas-panasnya Kota Lama, Semarang. Kombinasi kacang hijau rebus, agar-agar, santan, pacar cina, biji selasih, cincau, tape, biji mutiara berwarna merah muda, dawet, dan es serut siap membasahi kerongkongan yang tengah kering.




Comments

Popular posts from this blog

Es Hawa Khas Semarang

Tempoyak Durian Dengan Aroma yang Lezat

Kuliner Pie Susu Pisang Lampung